Jumat, 13 April 2012

Tugas 11

Tipe if-clause

Kalimat ini menggunakan konstruksi if clause (atau ‘klausa jika’). Ada tiga jenis if clause:

Tipe 1 (present real; masa kini dan nyata/akan terjadi jika kondisinya dipenuhi), misalnya,
If I don’t study, I will not pass the test. Dalam kalimat ini, jika kondisinya dipenuhi, yaitu “Jika saya tidak belajar”, maka akibat yang dapat terjadi: “Saya tidak akan lulus tes”.)

Tipe 2 (present unreal; masa kini dan tidak nyata/bertentangan dengan kenyataan), misalnya,
If I were Lionel Messi, I would play football in Indonesia. Dalam kalimat ini, kondisinya tidak mungkin: “Jika saya Lionel Messi” (tentu tidak mungkin saya menjadi Messi); dan akibatnya tidak mungkin terjadi pula (masa Messi mau-maunya bermain bola di Indonesia).

Tipe 3 (past unreal; terjadi di masa lampau dan bertentangan dengan kenyataan), misalnya,
If MU players had won the Champions Cup this year, they would have set a new record. Dalam kalimat ini, kondisinya terjadi di masa lampau dan tidak mungkin diubah: “Jika para pemain MU memenangkan piala Champions” (mana bisa masa lampau diubah) dan akibatnya tidak mungkin terjadi pula (“mereka tidak menciptakan rekor apapun”).

Tipe Wish dan faktanya
(1) Future wish :
- I wish my friend would visit me this afternoon. (Saya berharap teman saya akan mengunjungi saya sore ini). Faktanya: my friend will not come this afternoon.
- They wish that you could come to the party tonight. (Mereka berharap bahwa kamu bisa datang sebentar malam). Faktanya: you can’t come.
- Bobby wishes he were coming with Angelia. (Bobby berharap dia datang dengan Angelia). Faktanya: Bobby is not coming with Angelia.

(2) Present wish :
- I wish I were rich. (Saya berharap saya kaya). Faktanya adalah: I am not rich.
- I wish I had enough time to finish my work. (Saya berharap saya punya cukup waktu untuk menyelesaikan pekerjaan saya). Faktanya: I don’t have enough time to finish my wor
- John wishes that Ririn were old enough to be his girl friend. (John berharap bahwa Ririn cukup umur untuk menjadi pacarnya). Faktanya: Ririn is not old enough to be John’s girl friend.

(3) Past Wish :
- I wish I had washed my clothes yesterday. (Saya berharap saya telah cuci pakaian-pakaian saya kemarin). Faktanya: I didn’t wash my clothes yesterday
- Irwan wishes that he had answered the questions well. (Irwan berharap bahwa dia telah menjawab soal-soal dengan baik). Faktanya: Irwan didn’t answer the questions well.
- Christian Ronaldo wishes that his team could have beaten the German team. (Christian Ronaldo berharap bahwa teamnya dapat mengalahkan team Jerman). Faktanya: Christian Ronaldo’s team couldn’t beat the German team.
- I wish you had been here last night. (Saya berharap kamu ada di sini tadi malam). Faktanya: you were not here last night.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar